Rabu, 25 Agustus 2010

Mie Kepiting dan Ayam Tangkap Khas Aceh


Mie Kepiting

Nanggroe Aceh Darusalam juga memiliki berbagai makanan khas yang dapat membuat kita merem melek menyantapnya. Diantaranya Mie Kepiting dan Ayam Tangkap.


Mie Aceh, mungkin tidak asing lagi dilidah kita karena hampir diseluruh kota di Indonesia hidangan khas Acah ini dapat dijumpai. Namun sebenarnya jika kita langsung menikmatinya di negeri asalnya rasa berbeda akan kita dapati. Sebab di Aceh mie Aceh sendiri dilengkapi dengan seekor kepiting besar alias lobster.

Masyarakat Aceh menyebutnya Mie Kepiting. Dan hampir diseluruh pelosok Banda Aceh khususnya di daerah Peunayong mie Kepiting merupakan menu andalan setiap warung makan. Harganya pun tergolong murah. Untuk satu porsi mie kepiting hanya dibanderol 15 ribu rupiah saja.


Ayam Tangkap


Satu menu makanan lagi yang layak kita cicipi jika telah berada di Aceh, yaitu “Ayam Tangkap “ nama makanan yang cukup unik bukan? Apa itu ayam tangkap?

Ayam Tangkap adalah ayam yang dipotong kecil-kecil (sebesar ibu jari) kemudian digoreng kering, kemudian disajikan dengan daun temburu dan cabe hijau yang juga digoreng kering. Walaupun bentuknya daun, karena digoreng kering maka daun temburu ini jadi kaya' kripik. Rasanya sih sebenarnya kaya ayam goreng biasa saja, tapi dengan sajian kripik daun dan cabe hijau goreng ini menimbulkan sedikit cita rasa yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar