Rabu, 25 Agustus 2010

Keunikan Tari Saman Sang Tari Seribu Tangan


Tari Saman Khas Aceh

Nah, ini dia yang menjadi ciri khas Aceh di mata seniman. Belum puas rasanya jika hanya menikmati keindahan alam saja. Aceh memilki sebuah tarian yang dapat membuat mata kita enggan berkedip melihat kelincahan dan kekompakan tangan penarinya. "Tari Saman".

Tari Saman atau tari tangan seribu (a thousand hand dance) adalah tarian tradisional Melayu yang berasal dari daerah Aceh Tenggara, tepatnya di dataran tinggi Gayo. Nama “Saman” diambil dari orang yang menciptakan dan mengembangkan tarian ini, Syeikh Saman, yaitu salah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Aceh pada abad XIV.

Keunikan tari saman ini terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh, terus menari dengan kompak, mengikuti dendang lagu yang dinamis.

Bahasa syair atau lagu yang digunakan adalah bahasa Arab dan Aceh yang memuat pesan-pesan dakwah, sindiran, pantun nasehat. Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, serta diiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari. Saat itu, tari saman menjadi salah satu media dakwah dan hanya digelar pada acara-acata kenegaraan dan keagaaman saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar